Senin, 03 Oktober 2016

Penyalahgunaan Narkoba




Apa yang ada dibenak anda jika mendengar kata narkoba? pasti yang terlintas dibenak anda bahaya, kecanduan dan harus dijauhkan tapi, sebenarnya dalam dunia medis narkoba bisa menjadi salah satu obat. Jadi sebenarnya apa itu narkoba?

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya. Narkotika adalah obat untuk menenangkan syaraf, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan rangsangan, contohnya morfin, heroin, dan kokain. Zat-zat yang tergolong narkoba umumnya dipakai dalam dunia medis. Siapa pun yang menggunakannya untuk tujuan di luar tujuan pengobatan (medis) tergolong tindakan yang salah. Penyalahgunaan narkoba menjadi masalah sosial yang sangat serius. Pemakai narkoba akan kecanduan. Zat-zat itu perlahan-lahan merusak tubuh pemakainya. Banyaknya peredaran narkoba dan penyalahgunaan narkoba sangat meresahkan. 

Negara kita memiliki hukum yang sangat keras yang mengatur peredaran narkoba. Siapa yang berani mengedarkan narkoba jenis apapun akan dihukum sangat berat. Mereka yang menggunakannya pun bisa dihukum. Demikian pula penggunaan alkohol. Agama telah melarang umatnya untuk mengkonsumsi alkohol. Negara kita juga memiliki undang-undang yang melarang penjualan alkohol di sembarang tempat. Meskipun demikian, masih ada banyak orang yang menyalahgunakan alkohol. Kamu tahu apa yang terjadi kalau orang terlalu banyak minum alkohol? Orang itu akan mabuk. Dalam keadaan mabuk, orang bisa melakukan apa saja, termasuk kejahatan. Keadaan ini tentu akan mengganggu ketertiban masyarakat.
Ada beberapa sebab mengapa orang menggunakan narkoba, ada faktor dari dalam diri ada pula faktor dari luar. Faktor dari dalam diri itu adalah faktor dari dalam diri kita yang mendorong kita untuk menggunakannya seperti :
  1. Keingintahuan yang besar
  2. Kurang nya ilmu ilmu agama
  3. Kegagalan yang dialami dan menyalurkan rasa emosional nya ke narkoba
  4. Masih awam dan polos dan mudah dipengaruhi oleh teman sebaya
  5. Lari dari masalah
  6. Keinginan untuk menghibur diri dan bersenang senang
  7. Tidak memiliki teman
  8. Tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan
Jika faktor dari luar diri yang dapat menyebabkan hal buruk itu terjadi adalah ;
  1. Ajakan atau bahkan paksaan dari teman
  2. Kurangnya perhatian orang tua
  3. Broken Home atau hancurnya rumah tangga yang menyebabkan anak tidak memiliki arah hidup dan peraturan
  4. Lingkungan yang keras
Itu beberapa sebab sebab mengapa orang mengambil jalur tengah untuk menggunakan narkoba dan masih banyak yang lainnya. Tapi kenapasi narkoba itu dianggap bahaya? apa yang membuatnya sangat dilarang keras? Jadi begini, penyebab narkoba sangat diharamkan adalah efek negatif yang ditimbulkannya seperti terganggunya sistem saraf manusia dan organ organ tubuh yang lainnya. Dan sifat paling parah yang ditimbulkan adalah kecanduan yang berlebih atas keinginan terus memakainya, karna harganya yang mahal orang bisa saja menggunakan cara yang tak wajar untuk dapat membelinya seperti memalak teman, mencuri, atau bahkan perampokan. Belum lagi narkoba bisa mempengaruhi pola makan menjadi tidak nafsu makan dan berat badan turun. Coba bayangkan apa yang dirasakan oleh orang orang yang anda sayang jika anda menjadi seperti itu? apakah anda tega melihat mereka kecewa atas sikap mu? oleh karna itu jangan sia sia kan masa depan anda jangan hancur begitu saja hanya karna narkoba.

Mulai dari sekarang pikir lah kedepan pasang mainset di otak jika narkoba bisa merusak apa yang ada telah impikan apa yang anda telah capai sampai saat ini jangan sekali sekali mecoba! ini ada sedikit tips dari saya untuk anda siapa tau bisa bermanfaat
  • Bangkit kan lahh kesadaran agama, karna agama adalah pedoman hidup jangan sampai goyah dan coba lahh untuk perdalam lagi.
  • Selektif memilih teman, berteman dengan siapa saja tidak apa apa asal anda harus membatasi jangan terima semua ajakan. Coba lah untuk menolak sesuatu yang buruk tanpa merusak pertemanan. Teman yang baik akan mengerti dan tidak memaksa, setelah dia mengerti anda inilah saatnya untuk anda menariknya kejalan yang benar dan jadi teman yang baik untuknya.
  • Cari lahh perhatian keluarga dan sahabat, bersenang senang lahh karna keluarga dan sahabat adalah orang yang tahu dan mengerti kita jadi tidak ada salahnya dong kita menghabiskan waktu bersama mereka.(kan tidak harus sama pacar tentunya hehe...)

Sekian dari saya semoga apa yang saya sampaikan dapat berguna bagi kita semua. Atas perhatian anda saya ucapkan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar